Iklan seringkali kita lihat berada di jalan-jalan utama seperti jalan tol, jalan raya dan jalan-jalan protokol. Namun tahukah kamu ada iklan yang berjalan ? atau iklan berkeliling ?
Bagaimana menurut teman-teman pembaca bloggers ?
Ditunggu komentarnya
Iklan berjalan atau iklan keliling ini membuat suatu perbedaan konsep dengan iklan yang ada berdiri di jalan-jalan utama saja. Begitu juga akan membuat munculnya peluang bisnis iklan yang baru diluar bisnis iklan yang sudah ada di Indonesia.
Peluang bisnis pasang iklan berjalan atau pasang iklan keliling sudah mulai bermunculan di Indonesia, dengan beragam iklan yang dipasangkan di kendaraan pribadi dan kendaraan umum seperti di mobil, di motor dan di kereta api juga MRT atau di taksi. Iklan berjalan atau iklan keliling ini membuat perbedaan besar dengan iklan standing yang sudah ada.
Perbedaan besar yang ada dan dirasakan ada beberapa macam yaitu :
1. Bentuk Iklan yang dipasarkan
Bentuk iklan yang dipasarkan memang pasti berbeda. Iklan yang standing pasti berdiri di suatu jalan utama di salah satu kota besar atau di jalan bebas hambatan penghubung ke kota lain. Lalu iklan ini pasti berbentuk standing dengan menggunakan media LCD, Billboard atau papan reklame dan Spanduk atau kain yang sudah dicetak terpampang di jalan atau di bawah jembatan. Berbeda dengan iklan keliling yang menggunakan media kendaraan seperti mobil dan motor.
2. Efisiensi Harga Iklan
Harga pasang iklan di LCD atau billboard per bulan rata-rata mencapai Rp 30 juta-an, tergantung besar kecilnya layar LCD atau billboard tersebut. Lalu berapa lama iklan itu dipasangkan di sana. Begitu pula pajak yang dikenakan oleh pemda setempat. Dari segi harga iklan standing pasti berbeda dengan iklan berjalan yang dipasangkan di mobil atau iklan motor. Memang benar tergantung design
3. Efektifitas jangkauan pemasaran
Sebuah iklan dipasangkan oleh sebuah perusahaan pasti memiliki tujuan.
Tujuan iklan dipasangkan adalah :
- Mau memperkenalkan dan mencari respect nama produk di depan masyarakat luas
- Mau memasarkan produk baru di depan masyarakat luas
- Mau mensosialisasikan event atau program yang akan diselenggarakan
Oleh karena itu, dari ke tiga hal tersebut maka efektifitas jangkauan pemasaran pasti menjadi salah satu patokan iklan itu efektif apa tidak. Oleh karena itu jika dibandingkan maka iklan standing dan iklan berjalan pasti lebih efektif iklan berjalan atau iklan keliling karena iklan jenis keliling atau berjalan termasuk iklan yang jemput bola atau mendekat kepada calon pembeli atau calon pelanggan.
Salah satu platform iklan berjalan di Indonesia |
Perbandingan iklan standing dan iklan keliling |
Bagaimana menurut teman-teman pembaca bloggers ?
Ditunggu komentarnya
Komentar
Posting Komentar